Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil dan Penyebabnya

Tuesday, March 28th, 2017 - Kehamilan

Selamat datang kembali diblog www.dejetworks.com pada artikel kali ini saya akan membagikan informasi menarik seputar kehamilan untuk anda tentang cara mengatasi kaki bengkak saat hamil dan penyebabnya.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Ketika anda sedang dalam masa kehamilan , akan timbul efeksamping yang sebelumnya tidak pernah anda rasakan. Salah satu yang biasa timbul adalah kaki menjadi bengkak. Mungkin bagi anda yang sudah mengalami kehamilan lebih dari sekali akan menganggap kaki bengkak ini merupakan hal yang biasa dan wajar , tetapi berbeda halnya dengan mereka yang baru pertama kali mengalami kehamilan akan bertanya-tanya kenapa kaki menjadi bengkak dan timbul rasa cemas atau takut.

Kaki bengkak merupakan hal yang biasa terjadi pada ibu hamil,  Pembengkakan ini umumnya terjadi pada bagian kaki bawah juga pada pergelangan kaki. Tetapi tidak sedikit ibu hamil yang mengalami pembengkakan pada bagian tubuh lainnya seperti leher,  mata dan wajah. Timbulnya pembengkakan pada bagian-bagian tubuh ini biasanya mulai terjadi ketika usia kehamilan sudah memasuki 20 minggu.

Apa penyebab kaki bengkak saat hamil?

Sangat penting untuk anda mengetahui penyebab kaki bengkak saat hamil , hal tersebut bertujuan untuk mengetahui apakah pembengkakan yang terjadi akibat dari respon dari tubuh anda pada kehamilan dan jangan sampai terjadi karena anda sedang mengalami penyakit tertentu. Karena tidak dapat dipungkiri jika kaki bengkak juga bisa terjadi akibat dari gangguan kesehatan yang mungkin saja sedang anda alami.

Pada umumnya kaki bengkak saat hamil ini disebabkan karena adanya cairan yang menumpuk pada kaki ibu hamil. Hormon yang diproduksi ketika hamil dapat membuat tubuh menahan dan menghasilkan cairan yang lebih banyak lagi. Kenapa cairan tersebut terkumpul di kaki bugan bagian lain ? Grafitasi menjadi penyebab terjadinya penumpukan cairan pada kaki. Kaki bengkak ini biasanya terjadi pada sore hari atau setelah bangun tidur.

Berbarengan dengan pertumbuhan kehamilan anda yang semakin membesar, pembengkakan yang terjadi juga akan semakin besar , hal ini disebabkan oleh janin yang bertumbuh semakin besar yang menyebabkan hambatan pembuluh balik juga akan semakin besar, sehingga akan semakin banyak cairan yang terkumpul pada kaki.

Bagaimana bila pembengkakan kaki disebabkan oleh adanya penyakit lain ? inilah yang harus sangat anda waspadai , kerena beberapa penyakit juga dapat menimbulkan terjadinya pembengkakan pada kaki seperti penyakit preeclampsia dan eclampsia.

Baca Juga

Wajib anda ketahui bahwa penyakit tersebut merupakan penyakit eksklusif yang hanya dapat menyerang ibu hamil saja. Tanda yang mungkin biasa terjadi jika anda terkena penyakit ini adalah tekanan darah yang tinggi, adanya kandungan protein pada urine, dan terjadi pembengkakan kaki. Yang lebih membahanyakan adalah karena biasanya ibu hamil tidak dapat mendeteksi sedang mengalami penyakit tersebut, maka sangat penting untuk melakukan pemeriksaan kehamilan secara berkala.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Lantas bagaimana cara mengatasi kaki bengkak saat hamil ? apabila kaki bengkak yang anda rasakan diakibatkan oleh penyakit yang sudah dijelaskan diatas, maka cara terbaik untuk mengatasinya adalah berkonsultasi dengan dokter. Namun apabila kaki bengkak tidak terjadi karena penyakit , berikut beberapa cara yang dapat anda praktekan untuk mengatasi kaki bengkak saat hamil.

a.Isitrahat yang Cukup 

Pada saat anda sedang dalam masa kehamilan maka anda akan sangat memerlukan waktu untuk berisitrahat yang cukup dan juga hindari posisi berdiri yang terlalu lama. Perlu anda perhatikan jika anda sedang dalam posisi duduk, usahakan kaki herus sejajar dengan pinggang , boleh diletakan diatas kursi atau di dinding. Dan jangan pernah sekali kali anda melipat kaki anda ketika sedang duduk, karena hal tersebut dapat mengakibatkan penghabatan aliran darah yang memicu pembengkakan pada kaki.

b.Konsumsi Makanan yang Seimbang

Mengkonsumsi makanan yang seimbang juga bisa menjadi cara untuk mencegah terjadinya pembengkakan pada kaki saat hamil. Tetalah mengkonsumsi makanan seimbang secara teratur seperti karbohidrat , protein, lemak, mineral dan vitamin. Komposisi makanan 4 sehat 5 sempurna lah yang harus tetap anda konsumsi.

c.Memijat Kaki

Cara ini cukup efektif untuk mengatasi kaki bengkak saat hamil. tetapi perlu anda ketahui terlebih dahulu teknik memijat yang benar jangan sampai asal-asalan. Cara memijat kaki yang benar adalah dengan mengarahkan pijatannya kearah lutut. Lakukan secara perlahan dan lembut. Untuk lebih efektif gunakan minyak kayu putih ketika memijat.

d. Berenang 

Olahraga merupakan hal yang penting dilakukan oleh semua orang tidak terkecuali ibu hamil. Salah satu olahraga yang baik adalah berenang, Tetapi akan terdengar lucu bila melihat ibu hamil berenang. tetapi perlu anda ketahui jika sebenarnya berenang dapat melancarkan aliran darah pada kaki sehingga pembengkakan dapat dicegah.

Nah, itulah sedikit informasi tentang cara mengatasi kaki bengkak saat hamil dan penyebanya. Semua ibu hamil wajib mengetahui informasi ini. kaki bengkak pada saat hamil merupakan hal yang normal dan tidak perlu ditakuti. Namun apabila anda merasakan tidak nyaman akibat hal tersebut maka anda dapat melakukan cara diatas untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil dan Penyebabnya | admin | 4.5